Saturday, November 17, 2012

Joomla 3.0


Siang yang panas, sambil kedinginan diruangan, iseng-iseng akses situs Joomla, wah terkejut sekarang Joomla 3.0.0 Beta1 sudah rilis, wah langsung deh Dunia NurahRatu coba install dan berhasill, wieeh... girang yach... Nah sekarang mau


bagi-bagi nih buat informasi tatacara instalasi Joomla 3.0.0

Sebenarnya sih tidak jau berbeda untuk proses instalasinya seperti pada joomla 1.5 atau 2.5, ini hanya tampilannya saja dan yang kudu diperhatikan lagi adalah fitur-fitur yang memang harus sesuai atau di support dengan joomla 3.0.0 yang baru rilis ini.
Sebenarnya pada awal instalasi agak terganggu, hal ini mengapa? karena pada saat instal ada fitur yang masih enable yaitu:
Magic Quotes GPC Off.. wah..awalnya bingung,, tapi untung ada pak Bos yang bantuin jadi untuk fitur tersebut langsung deh di disable dari web hosting yang saya gunakan untuk instalasi joomla 3.0.0 ini. Lanjut dengan klik tombol "Check Again" dan akhirnya muncul juga form instalasinya berikut :
1. Langkah pertama adalah mengisi form Configuration seperti dibawah ini :

Pada halaman Configuration ini sebetulnya tidak ada bedanya dengan form configuration yang ada di joomla versi lama,
Note : untuk Site Offline kalian setting No yach, kalau Yes nanti tampilan webnya tidak aktif melainkan menunjukkan site sedang maintanance. Ok.

2. Mengisikan Form Database

Pengisian informasi host, database, user database dan passwordnya sama seperti joomla sebelumnya, nah untuk bantuan cara create database dicpanel anda dapat pelajari caranya di sini Membuat Database di CPanel


3. langkah ke-tiga Over View mengenai informasi yang telah diisikan pada poin 1 dan poin 2.


perlu di perhatikan juga instalasi akan berhasil jika fitur-fitur yang diinformasikan seperti gambar diatas ini sudah Ok, berarti instalasii dapat dilakukan saat ini juga. dan saatnya kita bilang Waaww.. gituh.. hehehe.. maksudnya klik tombol "Install".
Jika proses instalasi berhasil, maka akan muncul halaman informasi buat akses site dan administratornya. Lihat gambar :

  • Berikut untuk tampilan site Joomla versi 3.0.0
    .
  • Dan untuk Administratornya berikut
    .
Nah.. cara instalasinya mudah sangat bukan... jangan lupa update terus untuk informasi tutorial Joomla versi 3.0.0 ini yach. Semoga nermanfaat

No comments:

Post a Comment